Asal Usul Game Konsol Yang Diminati Oleh Para Gamers, Yaitu Playstations !

Oleh : ftrrahman | 2022-04-02 12:30:59

PlayStation adalah salah satu generasi baru konsol 32-bit, menandai kebangkitan Sony di dunia video game. Juga dikenal sebagai PS One, PlayStation menggunakan compact disc (CD), yang menandai perpindahan industri video game dari kartrid. Setelah usaha yang gagal dengan Nintendo untuk merilis PlayStation sebagai Super Nintendo Entertainment System–CD di awal 1990-an, Sony membuat keputusan untuk memasarkan konsolnya sendiri. PlayStation dirilis di Jepang pada bulan Desember 1994, dan memulai debutnya di Amerika pada bulan September 1995; kedua rilis tersebut memperoleh pujian kritis dan penjualan yang mengesankan. Judul seperti Twisted Metal dan Ridge Racer sangat populer. Pada tahun 2005 PlayStation telah menjadi konsol pertama yang mengirimkan 100 juta unit. Permainan utama PlayStation termasuk favorit penggemar seperti Final Fantasy 7, Crash Bandicoot, dan Tekken, yang semuanya melahirkan banyak sekuel.
PlayStation melanjutkan produksi hingga Maret 2005, ketika itu dikalahkan oleh generasi berikutnya dari konsol 64-bit, termasuk PlayStation 2 (PS2; diperkenalkan pada awal 2000-an) milik Sony sendiri. PS2 menawarkan kemampuan untuk bermain melalui Internet, yang, dikombinasikan dengan lini permainan paling luas yang pernah dipasarkan untuk konsol, menyebabkan dominasi penjualannya atas pesaing 64-bitnya Sega Dreamcast dan Nintendo GameCube. Faktanya, PlayStation 2 terus mengirimkan 100 juta unit lebih cepat daripada pendahulunya atau sezamannya. Namun, angsuran berikutnya dari konsol PlayStation, PlayStation 3 (dirilis pada tahun 2006 dan 2007), tidak menikmati kesuksesan awal yang sama seperti inkarnasi sebelumnya dari konsol, dengan persaingan yang sedang berlangsung dari Microsoft Xbox 360 dan Nintendo Wii.
Pada tahun 2013 Sony merilis PlayStation 4 (PS4), konsol generasi berikutnya yang dirancang untuk bersaing dengan Xbox One. Kritikus dan pemain merangkul platform baru, yang membanggakan grafis luar biasa dan pengalaman multipemain daring yang lancar. PS4 juga berfungsi ganda sebagai pemutar Blu-ray dan perangkat streaming media, dan layanan berlangganan PlayStation Now dari Sony menyediakan akses ke ratusan game saat ini dan sebelumnya. Sony memasuki pasar realitas virtual (VR) yang berkembang dengan merilis PlayStation VR (PS VR) pada Oktober 2016. Sistem PS VR mencakup PS4 serta headset dan pengontrol VR. PS VR dihargai jauh di bawah sistem VR berbasis PC yang serupa, membuat banyak orang berasumsi bahwa itu akan membuat terobosan signifikan ke pasar, tetapi penjualan yang lamban di industri VR membuat para analis menurunkan ekspektasi mereka secara drastis.
Tags : Playstations, Sejarah