breaking news New

Daftar Olahraga Penyandang Disabilitas Yang Banyak Diminati

gambar tersebut menjelaskan beberapa jenis olahraga untuk orang-orang penyandang disabilitas gambar tersebut menjelaskan beberapa jenis olahraga untuk orang-orang penyandang disabilitas

Daftar Olahraga Penyandang Disabilitas Yang Banyak Diminati

Kini, olahraga penyandang disabilitas mulai diperlombakan untuk event-event kelas internasional. Salah satu kejuaraan kelas dunia untuk para penyandang disabilitas adalah paralimpiade atau paralympic games.

Paralimpiade adalah salah satu event kejuaraan olimpiade internasional khusus untuk para penyandang disabilitas. Ada banyak atlet-atlet penyandang disabilitas yang ikut meramaikan kejuaraan paralimpiade yang digelar di Tokyo pada bulan Agustus tahun 2021 lalu.

Hal ini menandakan bahwa para penyandang disabilitas ini sangat berminat di bidang olahraga. Ada beberapa jenis cabang olahraga yang diminati. Meskipun memiliki keterbatasan dari segi fisik, namun mereka tetap menunjukkan semangat dan berhasil meraih medali di ajang tersebut.

Oleh karena itu, Anda perlu tahu apa saja olahraga bagi orang penyandang disabilitas. Tak perlu khawatir, sebab olahraga tersebut sangat populer dan kerap dipertandingkan di kejuaraan umum.

Jenis Olahraga Penyandang Disabilitas yang Sangat Populer di Indonesia

Di Indonesia, para penyandang disabilitas yang memiliki ketertarikan dengan dunia olahraga akan diberi fasilitas. Salah satunya adalah diberikan pelatihan oleh pelatih berpengalaman, sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

Ada banyak jenis olahraga yang diminati oleh penyandang disabilitas. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Bulu Tangkis

Bulu tangkis menjadi salah satu jenis olahraga terfavorit bagi penyandang disabilitas. Bukan rahasia lagi jika Indonesia adalah Negara terkuat untuk olahraga bulu tangkis. Bahkan, beberapa penyandang disabilitas juga sangat lihai untuk memainkan olahraga ini.

Tercatat, atlet disabilitas asal Indonesia berhasil membawa 2 medali emas di ajang paralimpiade Tokyo 2020. Tak heran jika bulu tangkis masih menjadi olahraga terpopuler di kalangan penyandang disabilitas.

Bahkan, beberapa atlet bulutangkis khusus untuk penyandang disabilitas ini berhasil menyabet gelar juara. Untuk itu, para penyandang disabilitas dapat mencoba menjadi seorang atlet bulutangkis.

  1. Bersepeda

Selain bulu tangkis, olahraga penyandang disabilitas yang banyak diminati adalah bersepeda. Olahraga ini juga diperlombakan untuk event-event besar, seperti paralimpiade. Ada banyak atlet-atlet yang berprestasi untuk olahraga bersepeda. Oleh karena itu, kamu dapat mencoba olahraga bersepeda meskipun memiliki keterbatasan dari segi fisik.

  1. Panahan

Panahan juga menjadi rekomendasi olahraga yang cocok untuk penyandang disabilitas. Olahraga ini mampu melatih fokus dan kesabaran mental. Maka tak heran jika banyak orang-orang dengan kekurangan fisik ini mencoba olahraga panahan.

Bahkan, olahraga panahan juga berhasil menyabet gelar juara umum. Sehingga, Anda bisa mencoba menekuni olahraga panahan meskipiun dalam kondisi disabilitas.

Pentingnya Berolahraga untuk Para Penyandang Disabilitas

Memang, berolahraga ini sangat penting untuk tubuh. Selain dapat meningkatkan imunitas tubuh, berolahraga dipercaya dapat memelihara stamina seseorang. Bagi penyandang disabilitas ini juga disarankan untuk berolahraga secara teratur.

Meskipun porsi dan gerakan olahraga berbeda dengan orang-orang pada umumnya, namun kamu harus tetap menggerakkan tubuh agar otot dan tulang tidak kaku. Sehingga, massa otot dan tulang tetap dapat tumbuh seperti orang-orang pada umumnya.

Selain itu, kamu harus menyesuaikan dengan jenis olahraga penyandang disabilitas. Pasalnya, tidak semua jenis olahraga dapat dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kekurangan dari segi fisik.

Sehingga, butuh beberapa inovasi dan gerakan khusus agar penyandang disabilitas dapat melakukan beberapa gerakan olahraga. Selain itu, berolahraga juga dapat menurunkan kadar stress. Bagi seseorang dengan keterbatasan fisik, tentu memiliki rasa stress cukup berat.

Sehingga, berolahraga secara rutin dapat menurunkan kadar stress akibat tekanan yang dirasakan oleh penyandang disabilitas. Selain itu, berolahraga dipercaya dapat menurunkan kadar berat badan.

Memang, beberapa penyandang disabilitas memiliki masalah berupa kelebihan berat badan atau obesitas. Sehingga, kamu disarankan untuk melakukan olahraga rutin, seperti bulu tangkis, panahan, hingga bersepeda.

Sebab, ketiga jenis olahraga tersebut dipercaya dapat membakar lemak jahat dalam tubuh dengan cepat. Jadi, silahkan mencoba olahraga yang direkomendasikan untuk penyandang disabilitas agar tubuh tetap sehat dan massa otot tetap kuat.

Memiliki keterbatasan fisik tentu bukan halangan untuk berolahraga. Ada banyak jenis olahraga yang dapat dicoba oleh penyandang disabilitas. Maka dari itu, ketahui rekomendasi jenis olahraga penyandang disabilitas terpopuler di Indonesia.